Memperingati Hari Guru, sosok Arief Rachman tentu tidak akan lepas dari perbincangan dunia Pendidikan. Tokoh Inspiratif bagi tiap kalangan ini ternyata memang layak dianugerahi berbagai penghargaan melihat perjuangannya yang besar pada dunia belajar mengajar.

 

Keteladanan Arief Rachman pun diabadikan dalam sebuah buku ‘Arief Rachman Guru’ yang ditulis oleh Ukum Komaruddin. Melalui catatan Ukim Komaruddin, nasihat-nasihat pendidikan dari Arief terangkum untuk menjadi bekal para pendidik serta calon pendidik kelak.

Selain itu, juga untuk praktisi pengelola lembaga pendidikan. Buku ini juga merupakan sebuah kumpulan catatan inspiratif bagi mereka yang juga ingin memajukan bangsa Indonesia menjadi lebih baik melalui pendidikan.

Ditemui di Acara Peluncuran bukunya di Aula utama Kemendikbud, Selasa (24/11), Arief Rachman mengatakan, agar menjadi guru yang baik, guru tersebut harus memiliki idealisme dan karakter yang kuat.

“Nah.. untuk memiliki karakter yang kuat, Guru harus memiliki 10 S. Senyum Salam Sapa Sabar Syukur Sehat Sugih Semangat Sukses Surga,” ujarnya.

Senyum, artinya selalu memberikan senyum kepada murid muridnya. Salam artinya Selalu mengucapkan salam dan disalami oleh muridnya.

Sapa artinya selalu menyempatkan diri untuk menyapa muridnya. Sabar artinya selalu sabar menghadapi murid-muridnya. Syukur artinya mensyukuri apa yang sudah didapat dengan merenungkannya dan memuji Tuhannya.

Sehat artinya tetap menjaga kesehatan dengan manampilkan wajah paling sumringah. Sugih artinya tangan kanan dikepalkan ke arah tangan kiri, wajah tampil sumringah sementara dada dibusungkan.

Semangat artinya telapak tangan kanan dikepalkan dan diangkat sejajar dagu, kemudian tinju tadi dimajukan sedikit. Wajah ditampilkan sumringah.

Sukses artinya tangan kanan dikepalkan dan ditinjukan sejajar dada. Badan tegap, wajah sumringah dan surga adalah kedua telapak tangan dibuka dan dihadapkan ke atas. wajah ditampilkan mengharap kepada yang Maha Esa.

Dalam rangka memperingati Hari Guru, dia juga mengucapkan selamat kepada guru-guru Indonesia yang telah berkontribusi mendidik anak bangsa.

“Selamat Hari Guru Nasional untuk para guru di Indonesia. Terus berkarya, kreatif dan berkarakter,” ujarnya.